Deretan Fakta Tottenham Hotspur di Liga Champions

Jakarta Kuda hitam, Tottenham Hotspur melenggang sampai ke final Liga Champions musim ini. Spurs bakal bertemu Liverpool di Estadio Metropolitano, Sabtu (1/6/2019) masa-masa setempat.

Sejauh ini, Tottenham telah 170 kali bersua The Reds diseluruh ajang kompetisi. Dari jumlah tersebut, Spurs meraih 48 kemenangan, 43 imbang, dan 79 pertandingan lainnya dimenangkan oleh Liverpool.

Meski tidak jarang berhadapan, Tottenham Hotspur belum pernah sekalipun bersua Liverpool di Liga Champions. Alhasil, laga final ini ialah duel perdana kontra skuat Si Merah di turnamen elite antarklub Eropa tersebut.

Di samping itu, Tottenham Hotspur pun telah delapan kali menghadapi sesama klub Inggris di turnamen Eropa. Dari delapan pertandingan tersebut, Spurs meraih empat kemenangan, satu hasil imbang, dan kalah dalam tiga laga.

Berbekal daftar tersebut, Tottenham bakal kembali menyandang kedudukan tim kuda hitam ketika bersua Liverpool. Meski begitu, Harry Kane dkk. tidak bakal gentar.

Pasalnya, mereka sukses melewati sebanyak lawan berat, mulai dari fase grup sampai semifinal. Berikut ini ialah data dan statistik Tottenham Hotspur di Liga Champions musim ini.

Rangking dan Performa Musim Ini

Statistik:

  • Rangking di UEFA: 17
  • Tampil di final Piala/Liga Champions: 1 kali
  • Meraih gelar Piala/Liga Champions: Belum pernah
  • Penampilan terakhir di final: Belum pernah

Performa Tottenham Hotspur:

  • Fase awal di Liga Champions musim ini: Babak penyisihan grup
  • Statistik di Liga Champions musim ini: 12 main; 6 menang; 2 imbang; 4 kalah; 20 mencetak gol; 17 kebobolan
  • Top skorer: Harry Kane, Lucas Moura (5 gol)
  • Posisi di klasemen akhir Premier League musim ini: Urutan keempat dengan 71 poin

Perjalanan Menuju Final

Fase grup:

Tottenham Hotspur tergabung di grup neraka. Mereka menghuni Grup B bareng Barcelona, Inter Milan, dan PSV Eindhoven. Kendati sedang di grup sulit, Spurs dapat menembus 16 besar dengan besar kedudukan peringkat kedua.

Mereka mendulang delapan poin hasil dari dua kemenangan, dua imbang, dan menelan dua kekalahan. The Lilywhites terpaut 14 poin dari Barcelona yang berstatus juara Grup B.

16 besar:

Tottenham bersua Borussia Dortmund pada 16 besar. Mereka sukses melalui hadangan Die Borussen dengan kelebihan agregat 4-0. Pada pertemuan kesatu menang 3-0, sementara leg kedua membungkam Dortmund dengan skor 1-0.

Perempat final:

Menghadapi Manchester City, Spurs tak diunggulkan. Namun, mereka sukses membalikkan prediksi itu dengan menyingkirkan Manchester City lewat agresivitas gol tandang (agg 4-4).

Pada leg kesatu, Tottenham Hotspur meraih kemenangan dengan skor 1-0. Sementara itu, dalam pertandingan kedua menelan kekalahan 3-4 dari Man City.

Semifinal:

Klub asuhan Mauricio Pochettino tersebut menghadapi Ajax Amterdam pada babak empat besar. Setelah berusaha keras, Spurs dapat melewati hadangan Ajax pun dengan kelebihan agresivitas gol tandang.

Pada pertemuan kesatu, Tottenham menelan kekalahan 0-1 dari Ajax. Akan tetapi, mereka secara mengejutkan berhasil membalikkan suasana dan meraih kemenangan 3-2 pada leg kedua.

Prakiraan Susunan Pemain di Final (4-2-3-1):

Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Harry Winks, Moussa Sissoko; Lucas Moura, Christian Eriksen, Dele Alli; Son Heung-min

Wasit: Damir Skomina (Slovenia).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*